NICE HOME WORK 11 MANAGE YOUR TEAM
Andai saya menjadi Online Manager...
Saya akan membuat sub divisi online terlebih dahulu.
Kegiatan online dibagi beberapa media sosial, antara lain : pengelolaan WA, FB grup atau fan page, Web dan lain-lain. (peran ini boleh dirangkap, boleh dipisah).
Sebenarnya mustahil satu orang dapat mengelola semuanya dalam satu waktu. Karena hal ini membutuhkan konsistensi dan effort ang cukup besar. Baik dalam segi waktu, tenaga dan fasilitas (kapasitas gadget, laptop dan jaringan internet).
Sebenarnya mustahil satu orang dapat mengelola semuanya dalam satu waktu. Karena hal ini membutuhkan konsistensi dan effort ang cukup besar. Baik dalam segi waktu, tenaga dan fasilitas (kapasitas gadget, laptop dan jaringan internet).
Saya perlu membuat semacam mind map beserta jadwal onlne dan isi panduanya untuk yang akan terlibat dalam divisi onlne perlu tahu kapan harus maju, kapan untuk diam, dan bagaimana
membawa percakapan menuju langkah konstruktif. Di atas itu semua,
pastikan orang tersebut adalah orang yang dipercaya untuk brand IIP Salatiga.
Mereka akan menjadi mata dan telinga atas apa yang terjadi.
Apa sajakah tugas online manager?
Menurut Dinis Hanti ada tujuh tugas dan deskripsi kerja seorang online manager.
Mengumpulkan data (research / curating)
Mengumpulkan data (research / curating)
Melakukan riset dan mengumpulkan data dan menentukan topik menarik untuk postingan.
Membuat Materi
Membuat Materi
Bagaimana akan menyampaikan data yang sudah anda miliki? Berbentuk apa? Tulisan atau gambar atau keduanya.
Posting – Scheduling
Gunakan layanan pihak ke 3 untuk mempermudah kerja anda seperti hootsuite, buffer, dll.
Gunakan layanan pihak ke 3 untuk mempermudah kerja anda seperti hootsuite, buffer, dll.
Analisa
Pelajari hasil postingan. Postingan dengan topik apa yang paling banyak direspon (like, share, retweet, favorit, komen) ? Catat juga hari dan jam posting nya.
Conversation – Responding – Listening – Engaging – Helping
Pelajari hasil postingan. Postingan dengan topik apa yang paling banyak direspon (like, share, retweet, favorit, komen) ? Catat juga hari dan jam posting nya.
Conversation – Responding – Listening – Engaging – Helping
Jangan sepelekan yang satu ini. Paling tidak, berikan like atau thumb up
untuk setiap komen yang masuk. Perhatikan dan reply juga jika ada pesan
yang membutuhkan bantuan admin.
Merencanakan
Merencanakan
Apa rencana kedepan untuk memaksimalkan pemasaran di media sosial? Mungkin ada social media yang belum dicoba.
Percobaan / Experimenting
Percobaan / Experimenting
Lakukan hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Coba topik baru
mungkin? Atau coba berkreasi dengan gambar / gaya menulis lain?
Menjadi online manager merupakan pengalaman baru bagi saya, untuk itu saya perlu belajar banyak hal mengenai ilmu ini. Khususnya memperkaya bacaan dan konten yang akan diposting di masing-masing media sosial.
Comments
Post a Comment